Home > WAJAH KOTA > Warga Padati Festival Budaya Betawi

Warga Padati Festival Budaya Betawi

BERITAJAKARTA.COM — 02-10-2010 15:37
Festival Budaya Betawi yang digelar di RW 01, Kelurahan Kebonpala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, mendapatkan apresiasi dari warga setempat. Mereka terlihat menyemut ke lokasi acara hanya untuk menyaksikan warisan budaya nenek moyang mereka, mulai dari kesenian keroncong, gambus, dan marawis. Bahkan, karena Jakarta juga tempat berkumpulnya orang dari berbagai latar belakang budaya, tidak ketinggalan juga ditampilkan atraksi barongsai, reog Ponorogo, tari barong, dan pementasan wayang kulit.

Selain mendapatkan hiburan gratis hingga puas, masyarakat juga dimanjakan dengan pelayanan kesehatan gratis oleh panita. Rencananya, kegiatan akan berlangsung dua hari hingga hari Minggu (3/10) besok.

Wakil Walikota Jakarta Timur Asep Syarifudin mengatakan, Festival Budaya Betawi ini semata-mata sumbernya dari masyarakat dan untuk masyarakat. Ia berharap festival ini dapat memperlihatkan potensi yang ada di masyarakat.

“Budaya adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Saya melihat budaya di Jakarta Timur khususnya di Kecamatan Makasar berkembang sangat baik sekali. Saya ingin kebudayaan yang ada di Jakarta Timur ini dapat terus dikembangkan. Tidak hanya budaya Betawi saja yang perlu dikembangkan, kebudayaan dari daerah lainnya juga perlu dikembangkan,” ujarnya saat membuka Festival Budaya Betawi, Sabtu (2/10).

Asep melihat festival ini sangat bagus untuk digelar secara kontinyu. Dengan begitu, masyakarat akan terus diingatkan agar selalu menjaga dan melestarikan kebudayaannya. Sekaligus juga sebagai ajang silaturahmi.

Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur Bambang Subekti mengatakan, tujuan digelarnya festival ini sebagai ajang kreativitas bagi pelaku seni. Selain itu juga sebagai wadah untuk memotivasi sanggar-sanggar seni yang ada di Jakarta Timur. “Dengan adanya festival ini para pengelola sanggar dapat ikut serta menampilkan hasil karya dan kreasinya pada masyarakat luas,” ucapnya.

Ketua RW 01 Kelurahan Kebonpala Catur Sugiono mengatakan, festival ini merupakan yang kedua kalinya. Pada 2009 silam, pihaknya juga pernah menggelar Festival Budaya Betawi dengan menampilkan prosesi pernikahan dengan adat Betawi, kuliner, dan kesenian Betawi. “Kami berharap kegiatan ini dapat digelar secara rutin dan menjadi agenda tahunan masyarakat. Tentunya dengan dukungan pemerintah agar kelestarian kebudayaan dan kesenian Betawi tetap terjaga,” tandasnya.

Categories: WAJAH KOTA
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: