Home > DUNIA OTOMOTIF > Mobil Buatan Siswa SMK, Nasibnya Tidak Jelas

Mobil Buatan Siswa SMK, Nasibnya Tidak Jelas

Jumat, 17 Juli 2009 – 7:29 WIB
SENAYAN (Pos Kota)- Nasib mobil buatan siswa SMK ternyata kurang beruntung. Mobil double cabin dan mobil keluarga yang berhasil dirancang siswa SMK semula diharapkan bisa segera diproduksi untuk kemudian dipasarkan.

“Saya tidak tahu tiba-tiba PT Inka yang semula berambisi memproduksi mobil siswa SMA, mendadak kurang bersemangat,” ujar Direktur Pembinaan SMK Depdiknas Joko Sutrisno, Kamis (16/7).

Dalam pernyataan terakhirnya perusahaan tersebut hanya bersedia memproduksi mobil dengan kapasitas mesin 500 cc. Artinya bukan mobil yang sesuai dengan desain siswa SMA. “Saya tidak tahu alasan pastinya. Tetapi pasti itu ada unsur bisnis,” tambahnya.

Padahal dalam tes uji coba yang dilakukan perusahaan tersebut bekerjasama dengan aparat kepolisian, mobil buatan siswa SMK sudah lulus dan layak dikendara. Mobil sudah siap diproduksi dan dipasarkan.

Joko mengaku kecewa dengan kejadian tersebut. Namun ia tidak bisa berbuat banyak karena pembuatan mobil menyangkut banyak hal dan banyak kepentingan. Seperti perijinan, perusahaan yang bersedia bekerjasama dan persaingan bisnis.

Meski batal diproduksi, pihaknya akan terus mendorong terciptanya mobil-mobil baru buatan siswa SMK. Ia yakin iklim industri pada suatu saat nanti akan mendukung munculnya hasil karya anak bangsa.

“Kita bercermin pada kasus China. Negara tersebut awalnya juga banyak mendapat hambatan dari negara lain saat akan menjadi negara industri. Tetapi sekarang bisa melenggang mulus,” katanya.

Sejak dipamerkan di halaman Depdiknas dan ajang Lomba Kreativitas SMK tingkat nasional beberapa waktu lalu, mobil buatan siswa SMK mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Jumlah pesanan sudah cukup banyak karena harganya yang memang relative murah dibanding mobil sejenis buatan negara lain. (inung/B)
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/07/17/mobil-buatan-siswa-smk-nasibnya-tidak-jelas

Categories: DUNIA OTOMOTIF
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: