Home > JAKARTA INFO > Tahun Ajaran Ini, Kualitas Pendidikan di Jakarta Meningkat

Tahun Ajaran Ini, Kualitas Pendidikan di Jakarta Meningkat

JAKARTA, PESATNEWS- Kualitas pendidikan di DKI Jakarta tahun ajaran 2009-2010 mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun 2008. Hal itu dapat dilihat dari beberpa aspek. Tahun 2009, tingkat kelulusan UASBN siswa SD mencapai 100 persen, UN SMP 99,81 persen dan UN SMA 96,5 persen serta UN SMK 97, 5 persen. Angka kelulusan ini merupakan angka di atas rata-rata nasional.

Yang menarik, pelaksanaan UN 2009 ini dilakukan secara obyektif dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Indikator lainnya adalah pelajar DKI berhasil menjadi juara umum lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perolehan medali emasnya mengalami peningkatan, yakni pada tahun 2008 hanya meraih 13 emas dan tahun 2009 menjadi 24 emas. Kemudian dari sisi manajemen, Dinas Pendidikan DKI telah menerapkan PSB secara online dan obyektif dengan tetap mengedepankan kompetensi, tidak melakukan diskriminasi dan mudah diakses secara transparan.

Di lain hal, Disdik juga telah memberikan tunjangan yang memadai bagi para guru. Diharapkan hal ini dapat berimplikasi pada peningkatan kinerja dalam memberikan materi pelajaran di sekolah. Karena tunjangan telah memadai, hendaknya guru juga tidak lagi merangkap di sekolah lain. Karena ini akan mengurangi kinerjanya.

“Kami juga telah memberikan penanganan yang serius terhadap siswa dari keluarga miskin. Bentuknya adalah, pemberian kartu gratis sekolah bagi 1.682 pelajar SMA dan 4.355 pelajar SMK. Anggaran yang dikeluarkan untuk program ini mencapai Rp 19 miliar. Pada tahun 2010 program ini akan dilanjutkan,” ujar Taufik Yudi Mulyanto, Kepala Dinas Pendidikan DKI, seperti dikutip dari situs resmi pemprov DKi Jakarta Kamis (31/12).

Sedangkan untuk SD dan SMP, kata Taufik Yudi, tidak ada program kartu gratis sekolah karena sudah ada program pendidikan gratis dengan menggunakan anggaran BOS/BOP. Ditambah lagi, sudah ada 44 sekolah yang telah memiliki ISO 2000, mulai dari tingkat TK hingga SMA/SMK. Bahkan SD Luar Biasa pun ada yang mendapatkan ISO 2000.

Meski demikian, Dinas Pendidikan DKI tidak lekas berpuas diri. Banyak terobosan yang akan dilakukan tahun 2010 mendatang. Diantaranya menyediakan anggaran BOB (biaya operasional buku) senilai Rp 42 miliar. Diharapkan dengan adanya program tersebut, maka siswa tidak perlu lagi membeli buku pelajaran. Sebab mereka nantinya akan diberi fasilitas pinjaman buku-buku pelajaran.

Kemudian, Disdik DKI juga akan merehab total 48 sekolah, dua diantaranya malah merupakan pembangunan dua gedung sekolah baru. Masing-masing adalah gedung SMP di Semanan, Jakarta Barat dan gedung SMA di Sukapura, Jakarta Utara.

Selain itu akan ada peningkatan kompetensi guru yang dilakukan secara dinamis. Sebab, guru merupakan sosok sentral dalam menjalankan program kegiatan belajar mengajar. “Kami juga akan melakukan sertifikasi internasional bagi pelajar SMK sehingga mereka yang lulus dapat bekerja di perusahaan asing,” ungkapnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di ibu kota, Dinas pendidikan akan terus mengedepankan empat aspek. Keempat aspek tersebut meliputi menjaga pendidikan agar dapat diakses semua lapisan masyarakat dan adanya keterjangkauan akses pendidikan sehingga semua anak usia sekolah bisa mengikuti pendidikan formal, khususnya bagi warga DKI. Selain itu, lembaga pendidikan formal dan informal akan dikelola dengan manajemen yang baik serta meningkatkan keterjangkauan manajemen dan kualitas pendidikan.

“Keempat aspek ini merupakan pondasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” pungkasnya.

Categories: JAKARTA INFO
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: